Departemen Hasil Hutan, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor
Dosen : Dr Ir Lilik Noor Yuliati, MFSA
Kuliah Kedua
KEPRIBADIAN
Karakteristik Kepribadian :
- Kepribadian menggambarkan perbedaan individu
- Kepribadian menunjukkan konsistensi dan berlangsung lama
- Kepribadian dapat berubah
Kepribadian menggambarkan perbedaan individu :
- Karakteristik yang terdalam pada diri manusia yang merupakan gabungan faktor yang unik
- Kepribadian yang berbeda : prilaku seseorang yang menggambarkan perbedaan dengan orang lain
Kepribadian menunjukkan konsistensi dan berlangsun lama :
- Karakteristik individu telah terbentuk sejak kecil dan telah mempengaruhi prilaku individu secara konsisten dan waktu yang lama
-Kepribadian cenderung bersifat permanen
- Sifat manusia yang menyebabkan prilaku orang tersebut konsisten sepanjang waktu
Kepribadian dapat berubah---.> kepribadin bersifat permanen bukan berarti tidak bisa berubah. situasi bisa menyebabkan seseorang mengubah kepribadiannya
Ada beberapa teori kepribadian, yaitu :
1. Teori kepribadian Freud
Sigmund Freud mengemukakan teori bahwa kebutuhan tidak disadari atau dorongan dari dalam hati manusia---> dorongan sek dan kebutuhan biologis adalah inti dari motivasi dan kepribadian manusia, kepribadian terdiri dari 3 unsur yaitu : Id, Super ego, dan Ego.
2. Teori Freud dan pemasaran
Secara naluriah, laki-laki menyukai kecantikan wanita dan sebaliknya---> unsur id.
3. Teori Neo-Freud (teori sosial psikologi)
a. lingkungan sosial yang berpengaruh dalam pembentukan kepribadian bukan insting manusia.
b. motivasi berperilaku diarahkan untuk memenuhi kebutuhan manusia
Teori ini merupakan kombinasi dari sosial dan psikologi dimana hubungan sosial adalah faktor dominan dalam pembentukan dan pengembangan kepribadian.
4. Teori ciri (Trait theory)
Teori ini menggunakan pendekatan kualitatif dalam mengidentifikasi kepribadian konsumen, misalnya menggunakan teknik pengamatan, pelaporan dari pengalaman konsumen dan teknik. Ciri atau trait adalah karakteristik psikologi yang khusus, yang didefinisikan sebagai "any distinguishing, relatively enduring way in which one individual differs from another.
Terdapat banyak ciri kepribadian, diantaranya adalah :
- ciri kepribadian menurut Catte
- ciri kepribadian Engel, Blackwell, dan Miniard 1995
Gaya hidup:
- lebih menggambarkan prilaku seseorang, yaitu bagaimana ia hidup, menggunakan uangnya dan memanfaatkan waktu yang dimiliki --> kegiatan, minat, dan opini dari seseorang.
- menggambarkan manifestasi eksternal dari karakteristik internal, yaitu prilaku seseorang
- tidak permanen dan cepat berubah
Kepribadian :
- lebih menggambarkan karakteristik terdalam yang ada pada diri manusia--> cara berpikir, merasa, dan berpersepsi
- mereflesikan karakteristik internal konsumen
- konsisten dan berlangsung lama
KONSEP DIRI dan POLA KONSUMSI
Empat teori utama tentang konsep diri menurut Loudon dan Della Bita (1993):
- Self-Appraisal
Konsep diri seseorang terkait dengan perilakunya yang diterima masyarakat atau ditolak masyarakat
- Reflected Appraisal
Konsep diri akan terbentu karena seseorang menerima penghargaan dari orang lain. pemberi penghargaan dan besarnya penghargaan akan menentukan derajat konsep diri yang terbentuk.
- Social Comparison
Cenderung menganggap bahwa orang adalah pasif, dia hanya mereflesikan penghargaan yang diperoleh dari orang lain
- Biased Scanning
Konsep diri sangat terkait dengan motivasi dan biased scanninng yaitu bagaimana pandangan seseorang terhadap lingkungannya.
Atribut-atribut konsep diri adalah sebagai berikut:
1. dimensi isi
2. nilai positif atau negatif
3. intensitas, stabilitas dan akurasi
Empat dimensi konsep diri menurut Hawkins and mothersbaugh (2010) :
- Actual self-concept
- Ideal self-concept
- Private self-concept
- social self-concept
Lima konsep diri menurut Blyte (2008):
- Real self
- Self-image
- Ideal-self
- looking-glass self
- Possible selves
Konsep diri menurut Hawkins dan Mothersbaugh (2010):
- Independent self-concept
- Interdependent self-concept
konsep diri dan budaya--> bagaimana seseorang melihat dirinya secara aktual maupun ideal sangat dipengaruhi oleh budaya masyarkat diman dia berada.
konsep diri dan perilaku konsumen --> suatu produk atau merek akan disukai oleh seorang konsumen, karena ia memandang bahwa citra produk tersebut sesuai atau merefleksikan citra dirinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar